Seputar SKOI Kaltim

Dispora Kaltim Terapkan Dua Jalur PSB SKOI 2014

Natal Parlindungan S | Senin, 09 Juni 2014 - 01:18:13 WIB | dibaca: 801 pembaca

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menerapkan dua jalur penerimaan siswa baru (PSB) bagi siswa SMP dan SMA Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim tahun 2014.

 

“PSB tahun ini kita terapkan jalur degradasi untuk mengisi kekosongan atlet yang dinyatakan lulus sekolah, serta jalur koordinasi dengan pengurus provinsi (pengprov) dan KONI untuk memenuhi penambahan kuota dari 120 orang menjadi 500 orang,” sebut Kepala Dispora Kaltim, Sigit Muryono ketika dikonfirmasi, di Samarinda, Senin (9/6).

 

Khusus jalur degradari, jelas dia, diisi SKOI dengan tetap berkoordinasi Pengprov dan KONI untuk mengisi atlet yang terdegradasi karena telah lulus sekolah. Yakni 24 siswa SMA Negeri SKOI dan 16 siswa SKOI yang telah dinyatakan lulus UN tahun ajaran 2013/2014.

 

Terkait kesiapan sarana dan prasarana untuk menampung 500 atlet, Sigit mengaku secara bertahap akan dipenuhi sampai pembangunan Gedung SKOI di Komplek Stadion Utama Kaltim di Palaran rampung. Sementara waktu, sebagian diasramakan di Pusat Pendidikan dan Latihan olahraga Pelajar (PPLP), sebagian di SKOI, dan selebihnya tetap tinggal bersama orang tua.

 

“Tapi tetap latihannya dikoordinir pengcab. Kalau sudah selesai, baru semua diasramakan di Gedung SKOI Kaltim,” katanya.

 

Pun demikian dengan program pelatihan, Sigit berharap programnya sinergis dengan program pembinaan di pengprov. Yang membedakan, pembinaan SKOI untuk atlet dini usia, sedangkan pengprov atlet profesional.

 

“Ini agar satu visi dan satu komando dalam pembinaan. Termasuk target prestasi yang ditetapkan,” tegasnya