Seputar SKOI Kaltim

Kegiatan Pramuka di KRS UNMUL

SKOI Management | Sabtu, 20 September 2014 - 18:14:04 WIB | dibaca: 964 pembaca

Samarinda: Sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler wajib dikurikulum 2013, SKOI Kalimantan Timur (SMPN Khusus Olahragawan dan SMAN Khusus Olahragawan) melaksanakan kegiatan pramuka dalam bentuk PERJUSA (Perkemahan Jum'at Sabtu) di Kebun Raya Unmul Samarinda pada tanggal 19 - 20 September 2014.

Kegiatan ini dibuka dengan Upacara Pembukaan Perkemahan dengan pembina upacara Kepala Sekolah SKOI Kalimantan Timur. Dalam amanatnya, Kepala SKOI, Tugiman menghimbau agar semua siswa/atlet mengikuti kegiatan pramuka ini dengan baik dan riang gembira. Kegiatan ini bertujuan untuk memeperkuat kerjasama dan saling bertanggung jawab serta ingin menciptakan pemimpin-pemimpin muda yang tangguh, lanjut beliau.

Setelah upacara pembukaan, para siswa/atlet dibentuk beberapa kelompok berdasarkan jenjang dan jenis kelamin yang kemudian masing-masing kelompok memberi nama kelompok mereka dan membuat yel-yel kelompok sebagai penyemangat. Kemudian, masing-masing kelompok mendirikan tenda yang dibantu oleh kakak-kakak pembina, yang dalam hal ini para guru SKOI Kalimantan Timur yang telah mendapat sertifikat KMD Kepramukaan.

Pada malam harinya diadakan api unggun yang diikuti oleh seluruh siswa/atlet SKOI Kalimantan Timur. Pada kegiatan tersebut para peserta kemah menunjukkan yel-yel masing-masing dalam kelompok yang telah dibuat sebelumnya.

Pada hari kedua, dimulai dengan senam pagi yang kemudian dilanjutkan beberapa permainan yang sudah disiapkan oleh kakak-kakak pembina. Dimulai dengan permainan estafet bola dengan gelas, permainan mencari harta karun, permainan proteksi lilin, permainan mengurutkan pada papan titian, dan diakhiri dengan permainan kereta buta.

Diakhir perkemahan, peserta perkemahan setelah membongkar masing-masing kemah, melakukan apel penutupan yang dipimpin langsung oleh Kepala SKOI Kalimantan Timur. Dalam upacara penutupan tersebut juga diberikan beberapa hadiah sebagai penghargaan kepada peserta terbaik dan yel-yel terheboh. (sya)