Seputar SKOI Kaltim

SKOI Kaltim Tambah Kuota Cabor

Natal Parlindungan S | Senin, 30 Juni 2014 - 00:24:55 WIB | dibaca: 670 pembaca

SAMARINDA – Menjadikan Kaltim sebagai kiblat baru olahraga di Tanah Air tampaknya akan semakin terlihat wujudnya. Telah memiliki Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) menjadi modal awal untuk bisa mewujudkan ambisi tersebut. Hanya, belakangan belum semua cabang olahraga (cabor) yang bisa ditampung oleh SKOI Kaltim. Keterbatasan tempat menjadi salah satu alasannya.
 
Belakangan, sesuai instruksi Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, tentang peningkatan prestasi olahraga Kaltim menjelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/Jawa Barat 2016 mendatang, membuat institusi tersebut kini mencoba menambah kuota cabornya.
 
Dari total 20 cabor yang sebelumnya ada di bawah naungan SKOI Kaltim, pada ajaran baru, mereka akan menambah 14 cabor baru untuk menampung atlet yang berhasil lolos seleksi dari tiap-tiap pengurus cabor di daerah. “Saat ini SKOI Kaltim siap menerima siswa yang telah diseleksi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Namun, asrama belum bisa menampung semua atlet.
 
Kami masih menunggu asrama yang berada di kompleks Stadion Utama Kaltim, Palaran, Samarinda selesai,” ujar Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) SKOI Kaltim, Agustianur, kemarin (28/6). Agustianur menyebutkan, terdapat 500 siswa dari total 34 cabor yang diterima oleh SKOI Kaltim. “Awalnya hanya 150 siswa dari total 20 cabor. Namun setelah ditambah menjadi 34 cabor, otomatis jumlah siswanya bertambah 350 orang,” tuturnya.
 
Meski saat ini venue sebagai media praktek para atlet belum sepenuhnya rampung, Agustianur mengatakan, asrama di Palaran yang diperkirakan rampung pada awal 2015 nanti sudah dapat digunakan untuk proses belajar mengajar dan latihan para siswa. “Asrama yang ada kini belum bisa menampung jumlah siswa yang kami miliki.
 
Belum lagi tambahan 4 cabor dari PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan olahraga Pelajar, Red). Tetapi jika venue di Palaran selesai, semua siswa akan dipindahkan ke sana,” tuntasnya. Terpisah, Kepala SKOI Kaltim Hendra Saputra menuturkan, hingga kini baru enam cabor yang mengumpulkan berkas. “Dalam beberapa hari lagi, kemungkinan besar masing-masing cabor sudah menyerahkan daftar nama atlet barunya,” jelasnya.